5 Cara Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Memulai Usaha Cafe



Semakin meningkatnya jumlah masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas di Indonesia, berdampak juga terhadap perubahan perilaku konsumsi mereka. Contohnya ini ditAndai dengan perilaku gaya hidup masyarakat yang kerap kali kali mengunjungi sebuah cafe hanya untuk sekedar makan dan minum ataupun nongkrong dengan teman dekat. Pun sebagian lagi mengunjungi sebuah resto hanya untuk berfoto-foto agar dibilang ‘kekinian’.

Pertumbuhan cafe di berjenis-jenis kota besar semakin banyak dan cepat. Dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar. Maraknya cafe ini acap kali kali kita temui diberbagai daerah yang lokasinya dekat dengan pusat pendidikan. Pemilihan lokasi kafe yang dekat dengan pusat pendidikan bukan tanpa alasan. Dengan dekat pusat pendidikan, berarti lokasi hal yang demikian pasti banyak si kecil muda yang berkeinginan menunjukkan eksistensinya. Entah sekedar makan, minum, hangout, ataupun kerja klasifikasi.

Tentu saja hal ini membuat persaingan bisnis di industri cafe semakin ketat. Berbisnis cafe tidak lagi hanya seputar menjual rasa makanan atau minuman terhadap pelanggan. Lebih dari itu, bisnis kafe juga di harapkan kapabel tampil sekreatif mungkin dalam menyediakan layanan seperti kursi cafe.

Untuk itu bagi Anda yang sedang atau berharap mengerjakan bisnis resto, dibawah ini akan dipaparkan tips dan trik ampuh untuk pemasaran bisnis kafe Anda, yang bisa menjadi pandangan baru dalam memakai strategi pemasaran yang jitu menarik banyak pelanggan:

1. Amati Konsep Resto

Para pelanggan yang datang ke sebuah cafe, tak dikesampingkan lagi bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan makan dan minumnya, melainkan lebih dari itu mereka mau memenuhi kebutuhan gaya hidup. Sehingga yang pertama kali mereka akan lihat adalah eksterior, interior, dan konsep resto hal yang demikian secara keseluruhan.

Maka buatlah sebuah konsep cafe yang unik dan memenuhi kebutuhan mereka. Mulai dari nama restoran, warna, bahkan hingga eksterior dan interior yang sesuai diaplikasikan untuk foto-foto para pelanggan cafe. Sebagai contoh Anda bisa menerapkan desain ekterior dan interior dari gaya restoran di Italia, Inggris ataupun BelAnda.

2. Sajikan Menu yang Unik

Jikalau konsep cafe yang Anda buat itu menarik, maka akan menjadi salah satu alasan bagi calon pelanggan untuk datang ke kafe Anda. Buatlah nama menu sajian restoran Anda yang unik, dengan cita rasa khas yang akan menjadi ciri khas dari cafe Anda. Dengan keunikan dari menu Anda, akan membuat orang dengan mudah mengingat cafe Anda. Misalnya itu berpeluang membuat cafe Anda mulai dibicarakan dari mulut ke mulut pelanggan karena keunikan menu Anda.

Menu makanan dan minuman bisa Anda adopsi dari dalam maupun luar negeri. Restoran Anda bisa mengadopsi makanan dari Afrika Selatan, Russia, Argentina yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar cocok dilidah masyarakat Indonesia.

Dan tak hanya itu pastikan juga presentasi makanan dan minuman yang Anda jual di tata sekreatif mungkin, dan tak cuma memberi tahu menu makanan yang unik kecuali itu dapat dengan dekorasinya yang menarik seperti tempat duduk kafe, meja kafe, maupun yang lainnya, sehingga pelanggan Anda tidak ragu untuk memfoto dan menyebarkannya via sosial media.

3. Program yang Menarik

Cafe berbeda dengan warung makan atau kafe pada biasanya. Sebagian suatu tawaran menarik lainnya yang membuat pelanggan mesti datang ke tempat Anda. Program menarik ini contohnya seperti, Anda menyediakan spot khusus di resto Anda yang bisa diaplikasikan oleh pelanggan Anda untuk berfoto; mengadakan kontes foto makanan atau minuman dengan reward tertentu; mengadakan promo harga tiap-tiap hari tertentu, dan sebagainya.

4. Manfaatkan Media Sosial

Karenanya besar target pasar dari bisnis restoran yaitu usia muda yang demikian itu akrab dengan media sosial. Maka hal ini bisa Anda manfaatkan untuk menarik mereka datang ke resto Anda. Anda bisa membuat akun official media sosial kafe Anda di Instagram, Facebook maupun media sosial yang lain.

Dengan pemanfaatan media sosial ini, Anda bisa gunakan untuk media promosi dan berita dari cafe Anda. Sehingga orang bisa dengan mudah mencari keberadaan online dari resto Anda.


5. Sosial Sama dengan Berprofesi

Kategori sama dengan klasifikasi sosial ialah sinergi simbiosis mutualisme. Anda dan klasifikasi sosial akan sama-sama diuntungkan. Anda bisa menyediakan tempat khusus di kafe Anda yang bisa disewa oleh golongan sosial apa saja untuk mengadakan meet up, gathering atau kegiatan lainnya. Dengan menghimpun suatu kategori sosial, Anda akan memiliki jaringan pelanggan yang loyal. Mungkin Anda tidak asing lagi dan acap kali menemukan bahwa sebuah resto lazimnya diciptakan fanbase klasifikasi sosial tertentu, misalkan golongan sosial suporter bola yang mengadakan nonton bareng atau kategori sosial lettering yang mengadakan coaching clinic di restoran Anda, dan sebagainya.



Dengan tips dan trik diatas, apabila bisa menginspirasi Anda untuk segera mempraktekkannya di bisnis resto Anda. Tunggu apalagi, selamat berkreasi demi mutu cafe Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Nih.. Objek Wisata Kota Semarang Yang Wajib Di Kunjungi Bareng Anak

3 Wisata Masjid Yang Cocok Untuk Wisata Religi Di bulan Ramadhan